-->

billboard ads



ilabulo sering dijadikan sebagai oleh - oleh kuliner khas gorontalo bagi para pendatang dan juga menurut sejarah ilabulo salah satu santapan khusus para raja - raja pada zaman dahulu dan resep masakan ini masih diwarikan secara turun temurun sampai sekarang.

untuk masyarakat gorontalo  ilabulo ini biasanya disantap pada siang hari sebagai makanan utama walaupun penampilan ilabulo ini sekilas mirip dengan pepes bedanya disini ilabulo menggunakan sagu dengan isiian hati dan ampela ayam rasa gurihnya didapat dari pemakaian santan sebagai pengganti air untuk mengencerkan sagu. 

download & copy paste resep cara membuat ilabulo





RESEP
ILABULO 


  • BAHAN : 
    1. 5 hati ayam dan 5 ampela, dicuci dibawah cucuran air
    2. daun pisang secukupnya, untuk membungkus ilabulo
    • bumbu halus 
      1. 7 siung bawang merah
      2. 5 siung bawang putih
      3. 3 buah cabai rawit
      4. 1 cm jahe
      5. ½  sendok teh lada putih
      6. garam secukupnya
      7. minyak goreng untuk menumis secukupnya
      • bahan air rebus
        1. 2 lembar daun jeruk
        2. 2 lembar daun salam
        3. 2 cm jahe, dimemarkan atau digeprek
        4. 1 sendok teh garam 
        5. air untuk merebus secukupnya
        • bumbu campuran 
          1. 300 ml santan kelapa
          2. 100 ml air bekas rebusan atau 100 ml air biasa
          3. 100 gram tepung sagu
          4. garam secukupnya

          • CARA MEMBUAT :
            1. pertama siapkan air untuk merebus hati ayam dan ampela secukupnya lalu sebelum merebus tambahkan 1 sendok teh garam, sekarang masukan 2 lembar daun jeruk, 2 lembar daun salam dan 2 cm jahe yang sudah dimemarkan lalu rebus air sampai mendidih setelah mendidih masukan hati ayam dan ampela rebus sampai matang, setelah matang angkat lalu sisihkan dan potong kecil - kecil hati ayam dan ampela atau potong sesuai selera.
            2. selanjutnya haluskan bumbu pertama ulek ⇢ lada ⇢ 1 cm jahe ⇢ cabai rawit ⇢ bawang merah, bawang putih silahkan haluskan bumbu sesuai urutan agar bumbu benar - benar halus.
            3. siapkan bumbu campurannya yaitu 300 ml santan kelapa, 100 gram tepung sagu dan 100 ml air bekas rebusan ampela dan hati ayam atau bisa menggunakan 100 ml air biasa lalu campur semuanya dan aduk hingga tercampur rata
            4. sekarang siapkan wajan lalu bumbu yang yang sudah dihaluskan ditumis sampai tercium aroma wangi setelah tercium aroma wangi masukan potongan ampela dan hati ayam campur dan aduk hingga bumbu halus tercampur dengan ampela dan hati ayam lalu sekarang tambahkan bumbu campuran yang sudah dibuat tadi { campuran 300 ml santan, 100 gram tepung sagu, 100 ml air } aduk kembali dalam wajan hingga tecampur rata dan jangan lupa untuk menambahkan garam secukupnya masak hingga meletup dan menjadi bubur, setelah matang angkat lalu dinginkan.
            5. selanjutnya setelah masakan dingin bungkus menggunakan daun pisang tetapi sebelum dibungkus daun pisang diolesi minyak goreng secukupnya agar ilabulo yang nanti dipanggang tidak lengket dan juga gunakan 2 lembar daun pisang untuk membungkus ilabulo agar ilabulo tidak hangus saat dipanggang, setelah semua ilabulo dibungkus sekarang panggang ilabulo diatas bara api hingga matang.
            6. setelah matang ilabulo siap disantap.

            ( Note : daun pisang yang sudah hangus ( gosong ) saat dipanggang biasanya ciri - ciri bahwa ilabulo sudah matang )

            By