-->

billboard ads

resep onde - onde dengan ukuran mini atau lebih kecil dari ukuran standarnya yang kulitnya dibuat dari tepung ketan dan beras berisi taburan wijen , kue onde - onde mini yang enak ini merupakan masakan tradisional yang dibuat ukuran mininya cocok untuk  ngemil dan banyak dijual ditoko - toko karena kue ini cukup diminati dikalangan masyarakat dengan isiannya yaitu kacang hijau membuat onde - onde menjadi lebih enak.

download & copy paste resep kue onde - onde mini





RESEP 
ONDE - ONDE
MINI

  • BAHAN :
  1. 200 gram tepung ketan
  2. 25 gram tepung beras
  3. 100 gram gula pasir
  4. 125 ml air hangat
  5. 1/4 sdt vanili bubuk
  6. 1/2 sdt garam
  7. 75 gram wijen
  8. air dingin / air biasa secukupnya 
  9. minyak untuk menggoreng 
  • isian onde - onde
  1. 100 gram kacang hijau
  2. 50 gram gula pasir halus
  3. 1 sdm vanila bubuk

  • CARA MEMBUAT :
  1. rendam kacang hijau semalaman lalu diremas - remas agar kulitnya lepas.
  2. kemudian kukus kacang hijau 10 - 20 menit hingga kacang hijau benar - benar empuk kemudian tumbuk atau haluskan kacang hijau lalu dicampur dengan 50 gram gula pasir dan 1 sdm vanila bubuk, isian untuk adonan onde - onde selesai.
  3. selanjutnya membuat adonan kulit onde - onde pertama campur 200 gram tepung ketan, 25 gram tepung beras, 100 gram gula pasir dan 1/2 sdt garam. aduk semua bahan sambil dituang air hangat sedikit demi sedikit hingga tercampur  rata dan kalis.
  4. Ambil adonan sedikit karena kita membuat onde - onde mini lalu letakkan pada telapak tangan kemudian dibentuk bulat lalu dipipihkan selanjutnya beri adonan isian kacang hijau yang dibuat tadi secukupnya  lalu bulatkan kembali.
  5. Celupkan bulatan adonan ke dalam air dingin / air biasa yang disiapkan kemudia digulingkan  diwijen hingga rata. Goreng dalam minyak panas yang banyak ( deep fry ) hingga berwarna kekuningan, hati - hati saat dibolak-balik karena bila terlalu  sering dibolak balik wijen yang menempel pada adonan bisa lepas.
  6. bila sudah matang onde -onde mini ditiriskan diatas tisu selanjutnya onde - onde siap disajikan. 
By